Indonesia – Rudi Voeller, Direktur Olahraga Bayer Leverkusen, mengaku dibaut takjub oleh fenomena transfer saat ini. Secara khusus, dia menilai harga pemain sudah berada di luar nalar. Neymar, Kylian Mbappe, Philippe Coutinho, dan Ousmane Dembele pindah dengan nilai transfer lebih dari 100 juta euro. Padahal, menurut dia, hanya Lionel Messi yang patut dihargai setinggi itu.

Bagi Rudi Voeller, hanya Lionel Messi yang pantas dihargai 100 juta euro.
thesun.co.uk
Mantan striker AS Roma tersebut sangat yakin para pemain seperti Virgil van Dijk dan Coutinho dihargai terlalu tinggi. “Saya benar-benar dibuat takjub oleh hal itu. Saya terus bertanya-tanya. Bagi saya, hanya seorang pemain yang bernilai lebih dari 100 juta euro. Tentu saja dia adalah Lionel Messi,” ungkap Voeller kepada Sueddeutsche Zeitung, Kamis (11/1/2018).

Menurut pria yang juga pernah menjadi pelatih timnas Jerman itu, memang ada beberapa pemain lain yang berkelas dunia. Namun, harga mereka tetap tidak bisa melebihi Messi. Dia mencontohkan Cristiano Ronaldo, kapten timnas Portugal, dan Robert Lewandowski, kapten timnas Polandia. “Tapi, simpel saja, Messi itu berada di liga yang berbeda,” kata dia.

Menariknya, klaim Voeller itu bertentangan dengan hasil penelitian CIES Football Observatory. Dalam laporan mingguan terbarunya, CIES melansir 100 pemain dengan nilai jual tertinggi di dunia. Di sana, bukan hanya Messi yang dinilai berharga lebih dari 100 juta euro. Ada sembilan pemain lain.

Kesembilan pemain itu adalah Neymar Paul Pogba, Antoine Griezmann, Luis Suarez, Harry Kane, Ronaldo, Dele Alli, Paulo Dybala, dan Eden Hazard. Bahkan, valuasi Neymar berada di atas Messi. Dia dinilai berharga 246,8 juta euro. Adapun Messi hanya 1705 juta euro